Menyebarkan Virus cerita – Aksi #PenceritaJalanan

Bila ada pesulap jalanan, maka di Taman Bungkul, minggu pagi ini (20/11/11), ada sesuatu yang beda, Pencerita Jalanan.  Wah apa itu ya?

Konsep pencerita jalanan dicetuskan oleh @bukik idenya memang diambil dari pesulap jalanan yang beraksi langsung di tengah-tengah masyarakat. Nah, Pencerita Jalanan akan berkeliling mencari anak-anak dan keluarga yang sedang berkumpul untuk kemudian dibacakan cerita bergambar.

Tujuannya adalah mengenalkan secara langsung proses bercerita sebagai salah satu metode yang menyenangkan dalam mendidik anak. Saat bercerita anak akan memperoleh nilai-nilai moral tanpa  merasa digurui sedangkan para orangtua akan melihat bagaimana cara bercerita yang baik.

Ya pencerita jalanan ini digagas oleh team @IDcerita yang ada di Surabaya. Lalu menggandeng beberapa elemen masyarakat yaitu dari mahasiswi psikologi dan Penggiat Taman Baca Pemkot Surabaya. Semuanya berjumlah kurang lebih 20 orang.

Sasarannya adalah keluarga-keluarga (ada ayah, ibu dan anak atau diantaranya) yang berada di sekitar taman Bungkul yang pada setiap minggu pagi yang memang dipadati oleh pengunjung. Mulai  dari pejalan kaki hingga pengendara sepeda gunung. Car Free day gitu loh!

Setiap orang boleh bercerita dengan gayanya masing-masing, seperti kak @rudicahyo yang spontan bercerita melibatkan verbal dan kinestetik, kak @maya_myworld yang sambil duduk, membawa buku cerita lalu membacakannya dengan penuh ekspresi, juga ada kak Pak @bukik yang bercerita dengan menggunakan jempol dan kelingking.

kak @maya_myworld sedang beraksi

Dan ternyata sambutannya cukup antusias lho. Bahkan ada anak-anak abg (sekitar kelas 1 smp) yang juga aktif mendengarkan hingga selesai.

Kegiatan ini juga dapat menambah keberanian pencerita untuk dapat bercerita dimanapun ia berada. Setiap orang dapat bercerita asalkan ada niat dan kesempatan

Advertisements

One thought on “Menyebarkan Virus cerita – Aksi #PenceritaJalanan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s