Diatas Langit Masih Ada Langit

image

Hari ini untuk kesekian kalinya diundang on air oleh radio Suara Muslim Surabaya. Kalau yang pertama dulu berbagi tentang kelab penulis cilik, lalu yg ke dua berbagi tentang bagaimana bercerita atau mendongeng untuk anak dan kali ini juga akan berbagi tentang bagaimana mendongeng bisa dijadikan sarana meng edukasi bagi anak.

Namun kali ini agak berbeda karena on air nya aku nggak sendiri tapi bareng storyteller keren dari Ponorogo. Kak Ucon namanya.

Setelah sebelumnya hanya denger namanya lewat cerita, kali ini bisa ketemu. Wow! seneng banget rasanya. Kak Ucon ternyata orangnya sangat humble, seru, dan pastinya keren banget kalau mendongeng.

Dengan kerendahan hatinya beliau menceritakan banyak hal. Mulai dari awal ceritanya yang akhirnya “menjerumuskan” ke dunia dongeng, tips bercerita, komunitas2nya dan gimana mendongeng dengan suara perut. Yaitu bicara tapi bibirnya nggak umikumik hehehe. Ternyata susah lho.

Setelah bertemu dengan Kak Ucon dan belajar banyak, membuat pikiran jadi kebuka bahwa diluar sana banyak sekali orang-orang hebat yang mungkin belum kita temui sebelumnya.

Jadi ingat sebuah istilah bahwa di atas langit masih ada langit. Dan ini bener banget. Cobalah untuk meluaskan pergaulan, perbanyak silaturahmi dengan para “guru”, bertemu dengan orang-orang baru, ternyata banyak hal yang bisa kita pelajari dari sana.

Setiap orang adalah guru, banyak yang bisa diambil pelajaran dari cerita atau kisah seseorang tanpa kita perlu mengalaminya. Jadinya bisa bikin langkah kita lebih terarah dan bisa lebih baik lagi.

Jadilah gelas kosong untuk dapat terus menyerap ilmu-ilmu yang menginspirasi dan berguna. Dibutuhkan kerendahan hati untuk mau belajar. Karena sejatinya jika kita merasa “paling” maka itu adalah awal dari sebuah kebodohan.

Jika diatas langit masih ada langit. Akan kah kita berhenti untuk belajar?

Kak Maya,
13 Oktober 2013.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s