Ilmu Mengambil Keputusan

Tanpa disadari setiap langkah yang dilakukan dalam kehidupan adalah hasil dari sebuah keputusan. Pernahkah terpikir dalam sehari kita sudah berapa kali mengambil keputusan? Mulai dari bangun pagi sampai tidur lagi. Hari ini mau sarapan apa, mau pakai baju apa, seharian mau kemana aja, akan mengerjakan apa, akan bertemu siapa, dan sebagainya. Semuanya membutuhkan keputusan. Tidak terbayang jika kita tidak mengambil keputusan, pasti yang ada adalah keadaan yang terombang-ambing.

Semalam, dalam sebuah perjalanan saat mengendarai mobil, saya mendengar talkshow seorang motivator nomer 1 di Indonesia. Yaitu Tung Desem Waringin bersama dengan Merry Riana sebagai hostnya sedang membahas mengenai Ilmu Mengambil Keputusan. Pembahasannya sangat menarik. Kita tahu bahwa dalam kehidupan ini kemampuan dalam mengambil keputusan sangat di perlukan. Karena jika keputusannya salah bisa mempengaruhi masa depan juga. Kita nggak pingin kan salah masa depan hanya karena salah mengambil keputusan.

Ada beberapa hal yang menjadi catatan saya semalam, yang menarik untuk di simak. Semoga bisa jadi catatan yang bermanfaat juga untuk teman-teman semua.

Pertimbangkan baik-baik sebelum mengambil keputusan. Maksudnya adalah kita tidak perlu terburu-buru saat mengambil keputusan. Ambillah waktu sejenak untuk memikirkan dan mempertimbangkannya. Minimal 6 detik. Jika kurang dari itu, maka keputusan yang di ambil hanyalah karena sikap impulsive saja tanpa di pikirkan terlebih dahulu.

Kendalikan emosi saat akan mengambil keputusan. Tung Desem Waringin mengatakan bahwa jika emosi naik maka intelektual menurun. Emosi di sini maksudnya adalah saat kondisi ekstrim. Saat senang sekali maupun saat sedih sekali. Itu mengapa saat orang jatuh cinta kadang tidak mampu berpikir dengan logika, begitu juga saat orang sedang dirundung kesedihan tidak bisa mengambil keputusan dengan tepat. Hal ini karena masih di pengaruhi oleh emosi sehingga keputusan yang diambil cenderung emosional dan kurang dipertimbangkan dampak jangka panjangnya.

Untuk itu cara yang bisa dilakukan untuk menetralisir perasaan adalah, dengan mengambil napas panjang. Tarik napas dan hembuskan perlahan. Lakukan beberapa kali sampai merasa relaks. Kedua, ubah posisi atau gerak. Jika sebelumnya anda duduk, maka berdirilah. Jika sebelumnya berdiri maka berjalanlah. Intinya ubah posisi dari sebelumnya. Ketiga, ubah fokus dengan mengubah pertanyaan. Misalnya, sedang bingung apakah akan memulai usaha/bisnis atau tidak. Jika yang membuat anda bingung adalah adanya kehawatiran untuk gagal dalam berbisnis maka ubah pertanyaan menjadi, jika saya tidak memulai dari sekarang apa kerugian yang saya alami. Kalau saya gagal di usia muda, saya masih cukup muda untuk memperbaikinya, dan jika saya berhasil saya pun masih cukup muda untuk sukses.

Buatlah keputusan yang baik untuk jangka panjang. Namun akan lebih baik jika keputusan tersebut baik untuk jangka panjang namun juga enak bagi jangka pendeknya. Jangan pernah berpikir untuk bisa membahagiakan semua orang. Jika kita berpikir demikian maka kita akan mengecewakan banyak orang.

Apa yang terjadi jika kita salah mengambil keputusan? Itu manusiawi. Maka jika sudah terlanjur salah mengambil keputusan, yang bisa dilakukan adalah tidak perlu menyesalinya. Karena sebuah penyesalan tidak akan mengubah keadaan. Kedua, Syukuri dan ambil pelajaran dari peristiwa tersebut. Supaya di kemudian hari kita bisa lebih hebat lagi. Jika memang saat itu salah mengambil keputusan, terima dan sadari bahwa saat itu kapasitas dan kemampuan kita masih di situ. Sehingga akan muncul semangat untuk lebih belajar lagi.

Advertisements

2 thoughts on “Ilmu Mengambil Keputusan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s