Ketika Tidak Ada Ide Menulis

Pernahkan anda mengalami kebingungan saat akan menulis? Bingung mau menulis tentang apa? Nggak ada ide menulis? Jika pernah, berarti kita sama. Hehehe… Iya, saat ini pun saya sedang tidak ada ide menulis sebenarnya tapi ingin menulis. Lalu saya berdiskusi sejenak dengan suami, ia pun memberikan masukan yang berarti. Seketika itu muncul ide untuk googling, mencari tips cara untuk mencari ide menulis.

Ada banyak cara yang ditawarkan untuk menemukan ide menulis dalam sebuah artikel, diantaranya membaca, blog walking, berjalan-jalan dan sebagainya. Namun mata saya yang membaca dengan cepat artikel tersebut berhenti pada satu tips yang saya rasa cukup menarik. Caranya yaitu, ambillah kamus dan pilih satu kata secara acak, lalu hubungkan kata tersebut dengan sesuatu dan eksplorasilah. Setelah membaca itu, tanpa membuka kamus, di pikiran saya langsung terbersit satu kata yaitu Perjuangan.

Hidup adalah perjuangan. Seringkali kita mendengarkan kata-kata itu bukan? Ya, jika kita melihat kisah orang-orang sukses betapa kita sangat menginginkan ada di posisi yang sama. Berhasil meraih impian, di liputi keberlimpahan materi, keberhasilan dalam bisnis dan kehidupan. Sangat menggiurkan sekali. Namun, tanpa di sadari ada yang terlewat dalam angan kita. Bahwa kita jarang sekali mempertanyakan, bagaimana mereka berjuang untuk bisa sukses hingga sekarang.

Merry Riana seorang yang berhasil meraih kekayaan 1 juta dollar di usia 26 tahun, siapa yang tidak ingin sepertinya? Tapi ternyata ia melampaui perjuangan yang cukup berat dan mengharuskannya bekerja sepuluh kali lebih giat dan keras dari orang-orang pada umumnya. Perjuangannya dalam meraih sukses sangat mengharukan, mengalami jatuh, bangun dan bagaimana ia bangkit. Kisahnya yang di tuangkan di ke dua bukunya yang berjudul Mimpi Sejuta Dollar dan Langkah Sejuta Suluh berhasil membuka mata bahwa sebuah keberhasilan tidak dapat tercapai dengan begitu saja, tapi melalui perjuangan dan pengorbanan yang cukup melelahkan.

Kemauan dan daya juang yang tinggi adalah motor penggerak bagi tercapainya sebuah impian. Kesiapan diri untuk mau berjuang adalah modal utama. Ini sejalan dengan kata banyak motivator bahwa untuk memulai usaha atau bisnis tidak harus bermodalkan materi atau uang. Percuma saja memiliki modal materi tapi jika tidak ada keinginan untuk mewujudkannya.

Jika masih terasa sulit untuk bergerak dan berjuang meraih impian, cobalah mengingat tujuan awal dan mengingat orang-orang yang anda sayangi. Orang-orang yang anda sayangi ibarat bensin, bahan bakar yang menyulutkan semangat yang mendorong untuk bergerak mewujudkan impian.

Namun perjuangan tidak selalu identik dengan sesuatu yang menyakitkan, berat dan sengsara. Semuanya tergantung dari bagaimana kita melihatnya. Jika terus berupaya menjaga pikiran positif, optimis, selalu bersyukur pada Tuhan dan mencoba menikmati setiap proses yang dijalani, tentunya perjuangan akan jauh terasa lebih indah dan bermakna. Seperti saat kita menaiki sepeda, tidak usah memikirkan orang-orang yang berlalu lalang di sekitar kita. Fokus pada tujuan akhir dan nikmati setiap kayuhannya. Maka tak terasa, tau-tau kita akan sampai di tujuan.

Hmmm… ternyata tips menulisnya berhasil juga yah. Dari satu kata kini menjadi satu artikel.
Bagaimana, masih bingung mencari ide menulis? 🙂

Semoga bermanfaat 🙂

@maya_myworld

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s