Efektif Memanfaatkan Waktu Luang

Hasil gambar untuk free time

Pernahkah merasa bahwa hari-hari terasa begitu sibuk, dikarenakan jadwal kegiatan yang padat? Merasa ingin beristirahat sejenak dari rutinitas? Ingin mengambil napas barang sebentar sebelum akhirnya melanjutkan aktifitas lainnya? Benar-benar sibuk dan padat. Di kondisi seperti ini satu hal yang paling diinginkan adalah rehat sejenak dan sangat mengidamkan waktu luang. Dimana bisa bersantai dan lepas dari kesibukan.

Namun, ternyata memiliki waktu luang terkadang bisa memicu rasa bosan dan tidak produktif jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Ujung-ujungnya dapat membuat badan terasa tidak enak karena sedikit bergerak. Bermalas-malasan seharian dan pikiran jadi kemana-mana. Apalagi jika ada gawai di tangan. Melihat media sosial dan mengamati kehidupan orang lain yang terasa begitu sempurna dan menyenangkan. Hingga akhirnya membuat penilaian bahwa kehidupan pribadi kita kurang menarik dan tak seindah milik orang lain. Merasa nestapa dan jadi tidak bersyukur. Wah, repot juga kalau begini jadinya.

Salah satu rejeki yang tidak disadari oleh manusia adalah adanya waktu luang dan kesehatan. Waktu yang tidak bisa berputar kembali seharusnya dapat dimanfaatkan dengan baik. Karena nantinya kita akan dimintai pertanggungjawaban atas apa saja yang telah dilakukan selama di dunia. Jadi agak serem, ya. Hihi. Tapi memang begitulah adanya. Karena itu, sudah sepatutnya jika memiliki waktu luang dimanfaatkan dengan baik dan efektif. Apalagi buat Anda yang super sibuk. Waktu luang menjadi sangat berharga sekali pastinya. Berikut ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar waktu luang lebih efektif.

Membuat rencana kegiatan

Tuliskan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama liburan. Terkadang jika tidak dituliskan dengan jelas dan spesifik, waktu akan bergulir begitu saja dengan cepat. Dan jika waktu sudah habis, hanya akan menyesali karena tidak merencanakan dengan baik. Yang ada malah semakin stress. Oleh karena itu, penting untuk membuat daftar kegiatan yang akan dilakukan.

Melakukan hobi

Dengan seabreg pekerjaan dan rutinitas aktifitas, biasanya kita seringkali tidak sempat  melakukan hobi. Tidak adanya waktu menjadi salah satu alasannya. Karena itu, mumpung ada waktu luang gunakan untuk melakukan hobi Anda. Misalnya, berkebun, memotret, membuat kue, menonton film, memasak, membaca, melakukan perawatan tubuh, dan lain sebagainya. Memanjakan diri dengan melakukan sesuatu yang disukai juga bisa menyegarkan pikiran. Bisa juga eksplorasi diri Anda dengan mencoba sesuatu yang baru. Galilah potensi diri Anda yang lain.

Melakukan sesuatu yang lama tertunda

Terlalu larut dalam pekerjaan biasanya membuat seseorang lupa akan kehidupan pribadinya. Dan memilih menunda hal-hal pribadi yang mestinya harus dilakukan. Misalnya, bersilaturahmi mengunjungi saudara, membereskan rumah, menata kembali rak buku, melakukan perawatan kendaraan, dan lain sebagainya. Di waktu luanglah saat yang tepat untuk menunaikan segala hal yang tertunda.

Mengunjungi tempat baru

Di waktu luang juga saatnya untuk refreshing. Menghilangkan kepenatan dari setumpuk pekerjaan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengunjungi tempat baru. Menikmati pemandangan dan suasana baru selalu membawa keteduhan dalam hati. Menjelajah tempat baru tidak harus ke luar kota dengan ongkos mahal. Bisa juga dilakukan di dalam kota. Tempat-tempat wisata dalam kota yang tidak pernah dikunjungi. Selain penyegarkan mata dan hati, juga menambah wawasan dan kecintaan terhadap kota tercinta.

Jangan menunda

Jika sudah membuat daftar kegiatan yang akan dilakukan selama waktu luang, jangan menunda untuk melakukannya. Memang, ketika dalam keadaan santai dan tidak ada tekanan pekerjaan, malas menjadi gangguan utama. Paksa diri Anda untuk melakukan sebagaimana yang sudah direncanakan. Supaya tidak menyesal kemudian.

Hindari media sosial

Waktu luang yang dimiliki demikian berharga. Jadi akan sangat disayangkan jika kita malah asyik bermedia sosial. Jauhkan gawai dari diri Anda. Selain agar terhindar dari “teror” pekerjaan yang bisa saja menghubungi Anda kapanpun. Nikmati waktu dan hari-hari yang dimiliki. Waktunya memanjakan diri dan mendengarkan suara hati. Apa yang ingin dilakukan dan yang membuat hati bahagia.

Menulis buku harian

Setelah beberapa saat bersantai dan melakukan ME TIME, tak ada salahnya Anda tuliskan apa yang sudah Anda lakukan dan rasakan selama liburan dan menikmati waktu luang. Menulis buku harian bisa jadi salah satu cara Anda mendengar suara hati dan menyelami diri sendiri. Menulis buku harian bisa juga sebagai refleksi diri. Sehingga setelah habis masa santai dan waktu luang, Anda pun kembali siap melanjutkan aktifitas dengan kondisi fisik dan suasana hati yang lebih baik.

Bagaimana pun kehidupan haruslah seimbang. Waktu luang yang dimiliki bisa menjadi saat yang tepat untuk mengisi kembali batere diri Anda secara lahir dan bathin. Sehingga akan lebih mantap dalam melanjutkan pekerjaan dan aktifitas selanjutnya. Bagaimana dengan Anda?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s